Rabu, 14 Januari 2015

HUJAN YANG BERMANFAAT

Di akhir tahun ini, sudah biasa bagi kita penduduk negara tropis, mengalami musim hujan. Untuk yang tinggal di daerah banjir, tentunya musim hujan menjadi waktu-waktu dimana harus selalu bersiaga, maksudnya siaga banjir.
Kalau bagi aku pribadi, hujan merupakan berkah karena dengan adanya hujan, kita tidak kekurangan air yang sangat kita perlukan dalam hidup. Begitupun bagi mahluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan binatang.

Jika hujan tersebut menimbulkan musibah, banyak yang disebabkan manusia sendiri. Berikut ini antara lain yang membuat timbulnya bencana dari air :
- Membuang sampah sembarangan, sehingga saluran air menjadi mampet dan terhambat
- Penebangan hutan secara liar yang membuat pohon berkurang dan akhirnya menyebabkan terjadinya tanah longsor

Ada juga kontribusi yang berwenang, yang membuat terjadinya hal-hal diatas. Seperti kenapa banyak orang yang mebuang sampah sembarangan, seringkali karena sulit mencari tempat sampahnya, padahal di tempat-tempat umum. Armada pengangkut sampah juga harus cukup, kalau tidak sampah yang tidak terangkut menjadi penghambat lagi di kala hujan lebat turun.
Selanjutnya, penebangan liar menjadi mudah terjadi, karena armada polisi hutannya yang terbatas. Alhasil ada kesempatanlah si penebang liar, menebang pohon.

Kembali ke cerita awal, hujan merupakan berkah yang patut disyukuri. Aku tidak bisa membayangkan, hidup di tempat yang minim curah hujannya. Tentunya daerah tersebut cenderung kering kerontang atau ekstrimnya bisa seperti gurun. Dijamin jarang terlihat tumbuhan hijau ataupun bunga bunga yang indah.

Bila hujan turun, aku selalu berdoa agar hujan yang turun tersebut adalah hujan yang memberi manfaat.




Tidak ada komentar: